Dinas Pendidikan Aceh Musnahkan 4.085 Blangko Ijazah

disdik-aceh
Proses pemusnahan blangko ijazah oleh Dinas Pendidikan Aceh (Foto: Disdik Aceh)

BANDA ACEH – Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh memusnahkan 4.085 blangko ijazah tahun pelajaran 2022/2023 di halaman gedung UPTD Balai Tekkomdik pada Rabu (10/01/2023).

Pemusnahan dengan cara dibakar tersebut dipimipin Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal dan disaksikan Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Fachrial, pejabat Subdit I Ditreskrimum Polda Aceh, dan Plh. Kasubag Daskrimti dan Perpustakaan Kejaksaan Tinggi Aceh.

T. Fariyal, mengatakan pemusnahan blangko ijazah merupakan upaya pemerintah untuk menjaga keaslian dokumen pendidikan oleh Dinas Pendidikan Aceh. Tujuannya adalah untuk mencegah risiko dokumen palsu atau ketidakbakuan ijazah karena kerusakan yang signifikan.

“Yang dimusnahkan ini merupakan blangko ijazah yang rusak, salah pengetikan, atau karena alasan lainnya sehingga tidak dapat lagi diakui. Pemusnahan ini dilakukan untuk menjaga integritas dan validitas dokumen pendidikan di Aceh,” kata Fariyal.

Total 4.085 lembar blangko ijazah yang dimusnahkan meliputi ijazah jenjang SMK sebanyak 1.836 lembar, SMA sebanyak 2.161 lembar, dan SLB sebanyak 88 lembar. Blangko ijazah tersebut terdiri dari ijazah sisa dan ijazah rusak sebanyak 1.164 lembar, serta ijazah cadangan sebanyak 2.921 lembar.

Proses pemusnahan ini untuk memastikan bahwa setiap ijazah yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Aceh memiliki kualitas yang tinggi dan dapat diandalkan.

“Langkah ini adalah upaya pemerintah untuk menjaga keaslian dokumen pendidikan dan mencegah praktik pemalsuan,” demikian Fariyal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *